SMAN 7 Banjarmasin terapkan Moving Class

Selamat datang di Website SMAN 7 Banjarmasin.
 
20 September 2010

SMAN 7 Banjarmasin terapkan Moving Class

Moving ClassSetelah liburan panjang Bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri berakhir dan kegiatan belajar sudah mulai dilaksanakan beberapa hari sejak tanggal 15 September 2010 lalu, pada tanggal 20 September 2010 ini SMAN 7 Banjarmasin mulai menerapkan sistim kegiatan belajar baru yaitu Moving Class.

Diharapkan dengan adanya perubahan sistim ini, kualitas pendidikan di SMAN 7 semakin meningkat.

Tujuan Moving Class

  1. Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran;
    • Proses pembelajaran melalui Moving Class akan lebih bermakna karena setiap ruang/laboratorium mata pelajaran dilengkapi dengan perangkat-perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Jadi setiap siswa yang akan masuk suatu ruang/laboratorium mata pelajaran sudah dikondisikan pemikirannya pada mata pelajaran tersebut.
    • Guru mata pelajaran dapat mengkondisikan ruang/laboratoriumnya sesuai dengan kebutuhan setiap pertemuan tanpa harus terganggu oleh mata pelajaran lain.
  2. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Waktu Pembelajaran
    Guru mata pelajaran tetap berada di ruang/laboratorium mata pelajarannya, sehingga waktu guru mengajar tidak terganggu dengan hal-hal lain.
  3. Meningkatkan Disiplin Siswa dan Guru
    • Guru akan dituntut datang tepat waktu, karena kunci setiap ruang/laboratorium dipegang oleh masing-masing guru mata pelajaran.
    • Siswa ditekankan oleh setiap guru mata pelajaran untuk masuk tepat waktu pada pada saat pelajarannya.
  4. Meningkatkan keterampilan guru dalam memvariasikan metode dan media pembelajaran yang diaplikasikan dalam  kehidupan siswa sehari-hari.
  5. Meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan bersikap terbuka pada setiap mata pelajaran.
  6. Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
    Untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembelajaran yang dilakukan secara moving class maka perlu ditetapkan strategi pelaksanaannya. Pengorganisasian Pelaksana, tugas, kewajiban dan wewenang.